memahami prinsip kerja mekanisme katup per temuan ke 1

MEKANISME KATUP Terbuka dan tertutupnya saluran masuk dan saluran buang pada motor 4 tak diatur oleh katup-katupyang digerakkan oleh mekanisme katup. 1. Over Head Valve (OHV) Penempatan poros nok di blok silinder dan untuk menggerakkan katup dibantu : valve lifter, push rod, rocker arm dan valver adjuster. Termasuk jenis ini digunakan di Honda CG, sebuah nok menggerakkan 2 katup melalui cam follower. 2. Over Head Camshaft (OHC) Poros nok tipe ini diletakkan di kepala silinder, dan nok langsung menggerakkan pelatuk, penyetel katup dan katup, atau bahkan tanpa pelatuk (CBR 150). Berdasarkan susunan poros nok (camshaft) : a. SOHC (Single Over Head Camshaft) b. DOHC (Double Over Head Camshaft) honda yanaha dan suzuki menggunakan sistem ini karena : -Konstruksi ruang bakar lebih baik -Pembukaan dan penutupan katup lebih tepat -Cocok untuk putaran tinggi. tugas 1. cari gambar yg tipe katup OHV dan cara kerjanya 2. cari gambar yg tipe katup SOHC dan cara kerjanya 3. cari gambar yg tipe katup DOHC dan cara kerjanya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi

Pelumasan 2 Langkah

Memahami Huruf, Angka dan Etiket Gambar Teknik